Jl Pos No 2 Jakarta Pusat (021)3840915 admin@sma.santaursulajakarta.sch.id Senin - Jumat : 07.00 WIB - 14.00 WIB Sabtu : 07.00 WIB - 11.30 WIB
A Place to Grow Up

Querencia

Info lebih lengkap tentang hasil kerja sama acara ini dapat dilihat di IG TV:  https://www.instagram.com/ursuline_students/

Bagaimana serunya jika anak anak Ursulin dari berbagai belahan dunia bertemu di ruang virtual Zoom dan melakukan sebuah kegiatan kolaboratif?

 

Sekolah Ursulin adalah sekolah-sekolah yang dikelola oleh para suster Ordo Santo Ursula, sebuah ordo religius yang didirikan oleh Santa Angela Merici. Ada lebih dari 150 sekolah di bawah Ordo Ursulin yang tersebar di berbagai belahan dunia. Dalam kegiatan ini siswa SMA Santa Ursula Jakarta yang didukung yayasan Satya Bhakti mempelopori kagiatan membangun jembatan komunikasi, semangat persatuan dan kekeluargaan antar siswa sekolah Ursulin dunia.

Kegiatan ini dilatar belakangi situasi dunia yang masih dilanda pandemi COVID-19 sehingga membatasi banyak kegiatan-kegiatan siswa. Di lain sisi pandemi juga mempercepat transformasi digital yang memudahkan komunikasi melalui berbagai platform digital. Situasi ini dimanfaatkan oleh para siswi SMA Santa Ursula Jakarta untuk berkreasi dan berkolaborasi dengan berbagai sekolah Ursulin yang ada di berbagai belahan dunia. Maka lahirlah kegiatan Querencia: A Place to grow and connect.


Querencia yang artinya tempat di mana seseorang merasa aman dan nyaman. Aman dan nyaman untuk tumbuh dan berkembang serta saling terhubung satu dengan yang lain. Sebagai siswa, sekolah Ursulin adalah tempat yang aman dan nyaman untuk mengembangkan diri secara optimal sekaligus bisa saling berkomunikasi dengan sesama siswa di sekolah Ursulin lainnya.


Melalui acara ini diharapkan para peserta dapat berinteraksi satu sama lain serta menjalin kerja sama meskipun keadaan sedang pandemi Covid-19, merayakan spirit sekolah yang sama sekaligus keunikan masing-masing sekolah. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 14 dan 21 Oktober 2020, dengan aplikasi Zoom. Panitia membagi sekolah menjadi tiga kelompok, Eropa-Afrika, Amerika (Amerika Utara dan Selatan), dan Asia-Australia. Pembagian ini bertujuan agar acara dapat diadakan pada waktu yang tepat untuk semua orang. Zona waktu yang digunakan sebagai basis untuk grup ini adalah sebagai berikut: Grup Eropa-Afrika berdasarkan +2 GMT, Amerika berdasarkan -4 GMT, dan grup Asia-Australia berdasarkan +8 GMT.