Apa itu Integrated Learning itu? Apakah manfaat dan istimewanya?
Berikut kegiatan Integrated Learning di SMA Santa Ursula.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi, pembelajaran di sekolah juga harus mampu mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan abad 21 yaitu 4C diantaranya Comunication, Creative thinking, Critical Thinking dan Colaboration. Ketrampilan tersebut diharapkan dimiliki oleh setiap siswa di era sekarang ini. Di SMA Santa Ursula pengembangan ketrampilan abad 21 salah satunya diwujudkan dengan Integrated Learning atau sering kali disebut dengan model pembelajaran terpadu. Pembelajaran Integrated Learning memadukan pokok bahasan atau sub pokok bahasan atau bidang studi, keterangan seperti ini disebut juga pengajaran lintas bidang studi (Maryanto, 1994: 3)
Kegiatan Integrated Learning di SMA Santa Ursula dilaksanakan di kelas X, XI dan XI. Khusus untuk kelas X pembelajaran Integrated Learning memadukan 13 mata pelajaran sekaligus. Dalam kegiatan Integrated Learning ini 1 proyek yang diberikan berisi kolaborasi dari 13 mata pelajaran, dengan tema “Energi Alternatif Ramah Lingkungan”. Siswa kelas X dibentuk dalam kelompok lintas peminatan yang terdiri dari kelas X MIPA, X Sosial dan X Bahasa. Diharapkan dengan kelompok campuran ini siswa dapat belajar berkolaborasi dan berkomunikasi dengan siswa dari kelas lain, juga peminatan lain. Siswa dari kelas MIPA dapat belajar bersama materi di kelas Sosial maupun Bahasa, begitu juga siswa dari kelas Sosial dan Bahasa mendapatkan pengetahuan baru tentang materi IPA yang berhubungan dengan kondisi di sekitar lingkungannya. Jadi dengan kegiatan Integrated Learning ini akan meningkatkan bonding siswa khususnya di kelas X yang dari awal masuk di SMA Santa Ursula belajar secara online. Melalui kegiatan ini bukan hanya siswa saja yang berkolaborasi, melainkan juga guru-guru dalam merencanakan kegiatan dan mendampingi Integrated Learning.
Melalui kegiatan ini juga siswa dilatih untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam mengatasi masalah terutama masalah kelangkaan sumber energi maupun dampak dari penggunaan energi bahan bakar minyak bumi. Siswa juga belajar mengaitkan analisa dari satu mapel dengan mata pelajaran yang lain sehigga diperoleh satu pemahaman yang utuh. Selain itu siswa juga diajak untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang IT dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada sehingga tercipta hasil akhir proyek Integrated Learning berupa E-magazine/ majalah digital. Hambatan dalam mengerjakan proyek integrated Learning ini dapat siswa atasi dengan adanya kemajuan teknologi yakni siswa dapat menggunakan aplikasi gmeet/zoom untuk berdiskusi, sedangkan untuk prakteknya siswa dapat menggunakan laboratorium yang ada di sekolah. Meskipun diawal terasa berat untuk memulai proyek Integrated Learning ini, siswa kelas X dapat menyelesaikan semuanya dan menghasilkan karya yang luar biasa dalam bentuk e-magazine.
Seperti apa hasil dari E-Magazine produk siswa kelas X di kegiatan Integrated learning ?? Klik disini
SMA SANTA URSULA
E MEGAZINE



SMILE!
Kelompok 1
The Power of Wind
Kelompok 2
Sanur Lab
Kelompok 3



Navitura
Kelompok 4
Kamis Pagi
Kelompok 5
Aru Nika
Kelompok 6



Tubig
Kelompok 7
Elulaine
Kelompok 8
Musa Electrica
Kelompok 9



Heliantbus
Kelompok 10
Kalopsia
Kelompok 11
SEGO
Kelompok 12



Ozeano
Kelompok 13
Electriseaty
Kelompok 14
VELO
Kelompok 15



Frenergy
Kelompok 16
Panacea
Kelompok 17
Pelita
Kelompok 18



Aquaris
Kelompok 19
Solar Energy
Kelompok 20
Kehani
Kelompok 21



Biolect
Kelompok 22
Petcah
Kelompok 23
Zeterra
Kelompok 24



The Zephyr’s Flow
Kelompok 25
Serabi
Kelompok 26
Energeia
Kelompok 27



Meliorism
Kelompok 28
Native
Kelompok 29
Waste With
Kelompok 30