Kolaborasi Prakarya(TIK) dan Matematika

  

KOLABORASI MATA PELAJARAN PRAKARYA (TIK) DAN MATEMATIKA

 

Salah satu model pembelajaran di SMP Santa Ursula Jakarta dilaksanakan secara kolaborasi antar mata pelajaran. Salah satunya diwujudkan pada saat ujian praktek tahun ini antara mata pelajaran Prakarya dan Matematika. Dalam kolaborasi ini, para siswi dalam kelompok masing-masing membuat sebuah portal pembelajaran Matematika menggunakan HTML yang dipelajari pada pelajaran Prakarya(kekhususan TIK

         

Para siswi bekerjasama dalam kelompok membuat berbagai inovasi yang ditampilkan ke dalam portal web pembelajaran. Mereka menyusun materi konten yang interaktif, menyusunnya dalam program HTML dan mempresentasikan hasilnya di depan teman temannya dan guru mata pelajaran Matematika dan Prakarya.

Beragam kreasi dan inovasi mampu ditampilkan dalam konten portal pembelajaran dengan sangat baik. Mulai dari paparan materi Matematika menggunakan video pembelajaran yang mereka buat sendiri, konten untuk latihan soal online, games matematika online, maupun penambahan-penambahan fitur aplikasi yang menarik digunakan dalam pembelajaran.

Hasil kolaborasi yang berisi sebuah tampilan web pembelajaran tersebut kemudian dipresentasikan di depan teman-teman dan guru kedua mata pelajaran. Dalam presentasi ini, akan dinilai validitas materi yang ditampilkan pada portal, prosedur kerja, validitas kode HTML, sampai dengan kreasi konten.

Melalui kegiatan pembelajaran dan ujian kolaborasi seperti ini, diharapkan para siswi tidak saja belajar untuk sekedar mendapat nilai. Dalam berproses di kelompok, mereka juga belajar bekerjasama, saling berbagi pelayanan untuk mengembangkan ide kreatif, juga ketahanan untuk teliti dan sabar dalam menyusun program HTML maupun uji validitas materi.