Jl. Pos No. 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710 (021) 384-0915 yaysatyabhakti@santaursulajakarta.sch.id

Syukur Atas Kasih Setia Tuhan pada Perayaan St. Angela Merici

URSULA - Hari ini (27/1) Ordo Santa Ursula merayakan hari raya Santa Angela Merici, yang merupakan pendiri Ordo Santa Ursula. Hari ini juga bertepatan dengan peringatan 60 tahun hidup membiara Sr. Fransesco, OSU.

‘Jikalau Tuhan yang menanamnya, siapa yang dapat mencabutnya?’ Itu merupakan salah satu tulisan St. Angela Merici di buku Prakata Regula. Memang benar, bahwa Ordo Santa Ursula selayaknya bersyukur atas perjalanan yang sudah 485 tahun. Itu semua berkat kasih Tuhan yang dicurahkan melalui Roh Kudus kepada Santa Angela Merici dan para pengikutnya.

Meskipun di dalam situasi dan kondisi yang berbeda tetapi perayaan tetap diikuti dengan antusias melalui live youtube sekolah Santa Ursula Jakarta.

Perayaan ini dibawakan oleh Romo Eko Wahyu, OSC dengan petugas dari unit SMP Santa Ursula Jakarta yang mengiringi perayaan dengan karya-karya yang kreatif.

“Doa merupakan identitas seorang beriman. Seperti Yesus dalam Injil Yohanes yang mendoakan para murid-muridNya.” Ucap Romo Eko Wahyu, OSC saat khotbah.

Ia juga menyampaikan bahwa Yesus mendoakan persatuan yang tidak hanya dengan sesama manusia tetapi juga dengan Allah. Seperti Yesus dan Bapa yang bersatu.

“Bersatu dengan Allah memberikan kita kebebasan. Semakin dekat dengan Tuhan menunjukkan kepekaan untuk mengasihi sesama kita. Seperti prinsip hidup Sr Fransesco yaitu bertumbuh bersama dengan orang yang dididik. Itu juga merupakan ungkapan bersekutu dengan Allah.”

“Santa Angela dalam perjalanan hidupnya juga mengalami kesukaran. Namun hatinya selalu bersyukur karena Ia percaya akan kasih setia Tuhan yang selalui menyertainya. Sama seperti Santa Angela, kita diajak dalam masa pandemi ini untuk melihat sisi-sisi positif yang kita terima dari Tuhan; masih bekerja, kesehatan yang baik, kebersamaan dalam keluarga dan banyak hal lainnya,” ucap Sr. Edith, OSU saat memberikan kata sambutan selaku  ketua III Yayasan Satya Bhakti dan kepala Komunitas Santa Ursula Jakarta.

Ia juga menambahkan rasa syukur pada peringatan Santa Angela Merici ini untuk Sr. Fransesco yang sudah 60 tahun berkomitmen untuk melayani Tuhan dan sesama secara konsisten, kreatif, dan menjawab tuntutan zaman di bidang pendidikan.

“Pada hari ini saya memperingati tahun ke-60 sebagai Ursulin. Saya syukuri kesempatan untuk mengabdikan diri pada dunia pendidikan orang muda” ucap Sr. Fransesco, OSU saat memberikan kata sambutan.

Selama 60 tahun, Ia sudah mengabdikan diri menjadi kepala sekolah SMA Cor Jesu Malang,  kepala Sekolah Santa Ursula Jl. Pos Jakarta dan Koordinatr Sekolah Santa Ursula BSD Tangerang.

“Saya berterima kasih untuk semua kebaikan, dukungan dan perhatian yang diberikan kepada saya selama ini. Doakan saya agar hari-hari selanjutnya Tuhan membantu saya untuk mempersembahkan hidup saya sebagai persembahan hidup yang kudus dan berkenan kepada Allah.” tutup Sr. Fransesco di akhir ambutannya.